Kamis, 14 Juli 2011

Berkampanye Untuk Lingkungan Hidup Dengan Pesan Singkat

Author: Pritania Titaz

Untuk mengurangi laju pemanasan global dan dampak perubahan iklim WWF - The Conservation Organization meluncurkan kampanye Earth Hour dimulai pada 2009. Earth Hour ini diselenggarakan pada jam yang sama di sesuaikan dengan waktu setempat di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Pada tahun 2011 Indonesia telah melaksanakan Earth Hour pada 26 Maret 2011 lalu pukul 20.30-21.30 waktu setempat. Earth Hour menjadi kampanye lingkungan hidup terbesar dalam sejarah karena berhasil meraih dukungan 1,5 milyar warga dari 4616 kota di 128 negara.

Keprihatinan terhadap lingkungan di tunjukkan semua orang dengan berbagai macam cara, seperti berjalan kaki selama 5 tahun untuk melihat kondisi kerusakan hutan di daerah tertentu, gerakan menanam pohon yang dikampanyekan oleh presiden, bike to work, penanaman pohon bakau unutk mengurangi erosi, dan masih banyak cara lainnya.

SMS pun bisa dijadikan sebagai media kampanye, yaitu dengan menggunakan SMS Blast. Mengirimkan pesan singkat kepada seluruh warga bisa dimanfaatkan pemerintah untuk mengajak menjaga lingkungan sekitar, dengan SMS Gateway maka sangat memungkinkan untuk mengirimkan SMS Blast ke seluruh pengguna ponsel GSM dan CDMA.

Bulk SMS yang berisi kampanye singkat dari Presiden pun bisa langsung disampaikan kepada semua pemilik ponsel. Karena untuk menyelamatkan masa depan lingkungan dibutuhkan partisipasi yang besar dari seluruh aspek masyarakat.

Penggunaan SMS Gateway dirasa lebih efektif dibanding dengan ajakan melestarikan lingkungan hidup yang dilakukan di jalan-jalan sambil membawa poster dan membuat macet lalu lintas. Menulis pesan singkat semudah mengirimkan email, dan waktu pengiriman yang bisa di jadwal membuat pengguna ponsel tidak akan terganggu dengan Bulk SMS yang di kirimkan kepada mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar